Ciri-ciri Kucing Himalaya

Ciri-ciri Kucing Himalaya


Hasil gambar untuk Ciri-ciri Kucing Himalaya

Kucing Persia Himalaya memiliki nama ilmiah Felis Catus, perlu diketahui bahwa kucing ini bukan berasal dari pegunungan Himalaya di Nepal, kucing jenis ini berasal dari Inggris dan Amerika.
Saat ini terdapat dua jenis kucing himalaya yang dapat dijadikan sebagai peliharaan, yakni himalayan ekstrim dan himalayan tradisional. Kedua kucing jenis ini memiliki perbedaan yang sangat signifikan dalam segi sifat.
Himalayan ekstrim memiliki pesona yang lucu namun mudah terkena penyakit karena bentuk hidungnya yang sangat pesek. Sementara himalayan tradisional atau yang dikenal dengan doll-faced merupakan jenis yang sangat direkomendasikan untuk dipelihara.
Secara umum kucing ini mewarisi sebagaian besar bentuk tubuh kucing persia, kemudian wajah yang datar, menjadi ciri khusus. Bagi pecinta kucing pemula mungkin akan kesulitan membedakan antara jenis siam atau yang lain, untuk mempermudah berikut beberapa cirinya.

1. Warna

Perbedaan warna yang sangat mencolok pada setiap sudut bagian tubuh merupakan poin yang dimiliki kucing ini. Warnanya pun sangat variatif, seperti seal, lilac, blue, cream, red flame dan bahkan cokelat menjadikannya salah satu jenis kucing yang dihargai mahal.

2. Bentuk Tubuh

Kucing himalaya pada umumnya memiliki bentuk tubuh yang bulat dengan kaki pendek. Kaki pendeknya merupakan turunan dari kucing persia, meski demikian terdapat pula yang memiliki tubuh langsung dan ramping, disertai otot yang kuat juga lincah.

3. Bentuk Wajah

Kucing ini memiliki dua jenis bentuk wajah yang berbeda, yakni himallayan doll face dan himallayan ultra face. Bentuk wajah doll face biasanya pesek jika dilihat dari samping, sementara ultra face sangat pesek.

4. Sifat

Kucing ini memiliki sifat yang agak tenang, cerdas dan juga aktif, hal inilah yang membuat mereka dapat sangat akrab dengan pemiliknya. Kucing ini dapat diajak bermain disaat Anda merasa lelah selepas bekerja seharian.

5. Kesehatan

Bagi Anda yang ingin memelihara kucing ini harus diketahui bahwa kucing himalaya rentan terkena satu penyakit turunan, yakni Polycystic Kidney Disease atau disebut dengan PKD, lebih mudahnya dikenal dengan sebutan kiista pada ginjal.

Komentar